Mengoperasikan Mesin Pos

00.45 Kang Said 2 Comments

A.      Mengenal Program Point Of Sales (POS)




Komputer kasir, suatu pengembangan teknologi perangkat lunak dan perangkat keras komputer yang diaplikasi pada perusahaan dagang untuk melayani transaksi penjualan baik tunai maupun non tunai, untuk transaksi yang bersifat retail maupun grosir. Dengan kemampuan database yang sangat besar yang ditunjang dengan memiliki konfigurasi jaringan lokal (LAN). 

Ditambah dengan rekayasa program yang lebih dari dari sekedar software penjualan yaitu dilengkapi dengan sistem keamanan, system stok dan system akuntansi yang terpadu dengan semua transaksi yang terjadi. Demikian juga perkembangan hardware, barcode printer, barcode scanner, pole display, dan receipt printer, semakin membuat POS semakin canggih dan semakin memudahkan dan mempercepat penggunaannya.
Dengan menggunakan aplikasi Point Of Sale kita bisa memperoleh beberapa keuntungan dengan adanya nilai tambah (added value) yang bisa diberikan, antara lain:
1.   Peningkatan Kualitas Pelayanan.
2.   Peningkatan Citra Usaha.
3.   Competitive Advantage.
4.   Kemudahan Proses Controlling & Pengambilan Keputusan. 

B.      Fungsi Point of Sales

      Beberapa  fungsi Point of Sales adalah sebagai berikut :
  1. Mendata setiap transaksi secara lengkap dan detail sehingga dapat menjumlahkan hasil penjualan pada hari itu.
  2. Dapat melakukan cek stock barang secara acak kapanpun. Hal ini mengurangi kecurangan atau kurang ketelitian karyawan.
  3. Laporan Profit usaha dapat diketahui secara online dan real time.
  4. Omzet dan Inventori dapat dilihat secara online dan realtime.
  5. Dapat mengetahui persediaan barang apa yang masih memiliki stok lumayan banyak sehingga anda dapat memberi perhatian lebih khusus seperti promo khusus.
  6. Mempersingkat proses transaksi.
  7. Menjaga keamanan transaksi.
  8. Mengurangi human error.
  9. Meningkatkan efisiensi kerja.

C. Komponen-komponen mesin POS:

 

   

  1.  CPU (central processing unit) terdiri dari mainboard, memori, processor, harddisk.
  2.  Monitor CRT, LCD, LED, atau layar sentuh atau modul touchsreen, media pemasukan data dengan sentuhan jari di monitor.
  3.  Mini printer untuk menyajikan informasi kepada konsumen, costumer display untuk menyajikan informasi kepada konsumen.
  4. Cash drawer, laci untuk menyimpan uang yang dapat membuka otomatis setelah transaksi. Cash drawer ini terhubung menggunaka antar muka RJ-11 yang dapat dihubungkan ke mini printer.
  5. Barcode scanner, untuk membaca isi barcode.
  6. Barcode printer, untuk mencetak barcode.
  7. Programmable keyboard adalah keyboard yang setiap tombolnya dapat diprogram isinya.
  8. MCR (magnetic card reader), membaca data yang tersimpan pada kartu magnet (kartu kredit, ATM, dsb).
  9. Modem dan jaringan internet, untuk mengirim dan menerima data via kabel telepon, serta menjadikan media penyimpanan data cadangan otomatis secara online.
  10.  Flash disk, untuk menyimpan data cadangan.
 D. Software/perangkat lunak
  1. Software adalah program atau sekumpulan instruksi yang dirancang sedemikian rupa sehingga POS dapat berjalan sesuai dengan fungsinya dan keinginan dari pengguna komputer.
  2. Software paket, merupakan software yang sudah jadi dan siap pakai. Pada software ini terdapat fungsi standard sehingga setiap user yang sistemnya sama/cocok dapat menggunakannya. Dalam pembahansan ini menggunakan program iPOS4
  3. Software taylor made, ialah softeware yang dibuat khusus untuk pengguna dimana sistemnya mempunyai keunikan dan kebutuhan untuk memperluas kemampuannya.
    
Para ahli managemen pemasaran dan total quality management (TQM) menyatakan bahwa pada prinsipnya tujuan utama dari pelanggan dalam memaksimumkan kepuasan total adalah berdasarkan pertimbangan nilai pelanggan (customer value), sehingga manajer bisnis dan industri perlu menyerahkan nilai kepada pelanggan.
Secara konseptual nilai pelanggan tergantung pada :
  •    Kualitas produk (barang/jasa)
  •   Kualitas pelayanan ( service quality )
  •   Hubungan baik antaar produsen dan pelanggan
  •   Image dari produk (barang/jasa)
Sikap dan  pelayanan dari seorang kasir harus terstandar sebagaimana dicontohkan dalam video berikut : 

Selanjutnya menurut Vincent dalam bukunya TQM Berdasarkan perspektif nilai pelanggan, perlu memperhatikan nilai yang diserahkan kepada pelanggan (Customer Delivered Value) yang pada dasarnya merupakan persamaan  berikut :
Customer Delivered Value = Total Customer Value – Total Customer Cost
       Total Customer Value tergantung pada : 
       nilai produk, nilai pelayanan, nilai pribadi, dan nilai image.
Total Customer Cost : tergantung pada : 
biaya untuk memperoleh produk, biaya waktu, biaya energi, biaya psikhologis danbiaya kesempatan.
Berdasarkan pertimbangan nilai pelanggan diatas, maka manajer bisnis harus memahami bahwa produk (barang/jasa) yang dijual akan dianggap bernilai tinggi oleh pelanggan apabila memiliki akumulasi nilai-nilai dari produk yang dijual, pelayanan yang diberikan, pertimbangan pribadi pembeli, dan image dalam membeli produk itu.
Akumulasi nilai-nilai ini harus lebih besar dari pertimbangan oleh pelanggan. Akumulasi yang dipertimbangkan oleh pelanggan adalah: biaya untuk memperoleh produk, biaya waktu, biaya energi, biaya psikhologis dan biaya kesempatan yang hilang.

E. Cara mengoperasikan mesin POS
Berikut ini adalah cara pengoperasian POS:

Dasar Input Database IPOS4 – Back Office

Masuk kedalam program iPOS4 sebagai ADMIN, dengan user admin dan password admin

You Might Also Like

2 komentar:

  1. Ijin share ya.. terima kasih semoga menjadi amal jariyah 🙏🙏

    BalasHapus
  2. Casino games at The Borgata, Atlantic City - Dr.MD
    Casino games at The Borgata, 제천 출장마사지 Atlantic City. Casino Games 서울특별 출장마사지 at The Borgata · The 오산 출장안마 Beach Club · Blackjack 울산광역 출장샵 · 태백 출장샵 Roulette · Blackjack · Craps.

    BalasHapus